tutorial

  • artikel tutorial

Saturday, May 18, 2013

Rangkaian Pengusir Tikus

skema pengusir tikus

Sebuah rangkaian oscilator yang mengeluarkan gelombang ultrasonik yang berfrekuensi 20 – 40 KHz. Gelombang yang di hasilkan dari rangkaian ini tidak akan terdengar oleh telinga kita, tetapi suara dari rangkaian ini akan sanggat mengganggu bagi telinga tikus.

Tikus adalah salah satu binatang yang sangat mengganggu dan menjengkelkan, sebab tikus kadangkala sering merusak barang barang yang ada dirumah kita, seperti buku atau majalah, barang elektronik dan juga yang lainnya.

Di bawah ini daftar komponen dari Rangkaian Pengusir Tikus :
R1 : 1K8
R2 : 1K
R3 : 5K6
R4 : 480R
C1 : 2,2nF
C2 : 0,022uF/6V
IC : 555
Q : SC1162
Speaker : 4 ohm

Untuk dapat menghindari tikus memakan kabel dari rangkaian pengusir tikus elektronik, maka Base Frekuensi di modulir dengan sinyal cukup besar yang di dapat dari frekuensi tegangan jala jala PLN melalui kapasitor sehingga akan menghasilkan ayunan frekuensi antara 20 – 40 KHz secara sistem priodik.

Efek yang di hasilkan dari rangkaian ini terhadap seekor tikus terasa sangat dahsyat, getaran bunyinya seperti kita yang berada pada sebuah konser musik yang sangat amburadul dengan irama yang acak acakan dan sangat tidak bisa di nikmati sama sekali. Membasmi seekor tikus memang agak sulit, pasalnya hewan ini cukup cerdik dan bisa membedakan antara racun dan jebakan yang kita buat. Di tambah lagi dengan reproduksinya yang bisa membuat jumlahnya berlipas ganda dengan cepat.

No comments:

Post a Comment